Yuk, Atur Perjalananmu Sendiri!

image

“Kemarin perginya ikut tur, dis?”
“Enggak, semuanya diurus sendiri.”
“Hah? Kok bisa?”

Sepulang dari summer trip yang lalu, itulah percakapan yang beberapa kali terulang. Ya, sebagian besar teman dan kerabat mengira saya pergi ke Jepang dengan ikut tur. Padahal semuanya diurus sendiri oleh saya dan teman-teman perjalanan saya, dari nol.

“Memangnya gak ribet?”, kata mereka lagi.

Enggak tuh. Malah saya menikmati banget proses pra-keberangkatan, dari mulai sekedar mimpi, sampe booking tiket beneran, bikin itinerary, booking hotel, urus paspor dan visa, sampai bikin asuransi perjalanan.
Ya memang sih, perlu meluangkan waktu untuk urus semua itu. Tapi buat saya, segala ‘kerepotan’ itu sama serunya dengan perjalanan itu sendiri. Nambah cerita deh!

Continue reading