Kiyomizu-dera ; Ratusan Tahun Mengawasi Kyoto

Note: As published on Tabloid RUMAH #330; some parts were omitted ๐Ÿ™‚

Memasuki pertengahan musim panas, suasana liburan begitu terasa di kota Kyoto, Jepang. Pagi yang panas pun tak menyurutkan langkah para wisatawan pagi itu. Ya, kota Kyoto memang merupakan salah satu tujuan utama wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

Di antara ratusan bangunan bersejarah di kota Kyoto, terdapat sebuah kuil kuno yang menjadi ikon kota Kyoto. Itulah Kiyomizu-dera, atau kuil Kiyomizu, sebuah komplek kuil berusia ratusan tahun. Tersembunyi di antara pepohonan, ia masih tetapย  berdiri megah di kaki pegunungan Higashiyama, bagian Timur kota Kyoto.

Lanjutkan membaca Kiyomizu-dera ; Ratusan Tahun Mengawasi Kyoto

Nyubuh Demi E-Paspor

Ada yang bilang urusan administrasi di Indonesia itu ribet, gak praktis. Yah, ada betul dan salahnya sih. Karena pengurusan berkas yang lumayan memakan waktu, banyak yang menggunakan jasa calo atau agen, termasuk untuk mengurus paspor.

Saya sendiri baru punya paspor tahun 2011. Saat itu saya datang langsung ke kantor imigrasi kota Bogor, semuanya saya urus sendiri tanpa menggunakan jasa. Ya begitulah, antri berjam-jam dan harus 2 kali balik. Tapi toh akhirnya paspor pertama saya jadi juga.

Kali ini saya akan cerita pengalaman saya perpanjang paspor, yang membuat saya standby subuh2 di depan kantor imigrasi …

Lanjutkan membaca Nyubuh Demi E-Paspor

Tiket Murah yang Jadi Mahal

aa

Sudah sejak lama saya ingin sekali berkunjung ke Jepang. Sepertinya keinginan itu sudah ada sejak saya masih kecil, waktu masih zaman tiap Minggu pagi di saluran televisi isinya kartun Jepang semua ๐Ÿ˜€

Tapi meskipun kepengen banget, saya belum ada rencana kapan tepatnya akan pergi kesana. Apa lagi masalahnya kalo bukan terpentok biaya, dan sekarang waktu. Berhubung saya belum setahun kerja, jadi belum punya jatah cuti..

Sampai suatu hari di akhir 2014, salah satu teman saya bilang kalau dia akan ke Jepang (lagi) di bulan Agustus, saat summer. Wah, langsung tergiur untuk ikutan! Dihitung-hitung (gaji dan cuti tahun depan) sepertinya memungkinkan. Meskipun artinya saya harus menabung lebih dari biasanya.

Lanjutkan membaca Tiket Murah yang Jadi Mahal

Yuk, Atur Perjalananmu Sendiri!

image

“Kemarin perginya ikut tur, dis?”
“Enggak, semuanya diurus sendiri.”
“Hah? Kok bisa?”

Sepulang dari summer trip yang lalu, itulah percakapan yang beberapa kali terulang. Ya, sebagian besar teman dan kerabat mengira saya pergi ke Jepang dengan ikut tur. Padahal semuanya diurus sendiri oleh saya dan teman-teman perjalanan saya, dari nol.

“Memangnya gak ribet?”, kata mereka lagi.

Enggak tuh. Malah saya menikmati banget proses pra-keberangkatan, dari mulai sekedar mimpi, sampe booking tiket beneran, bikin itinerary, booking hotel, urus paspor dan visa, sampai bikin asuransi perjalanan.
Ya memang sih, perlu meluangkan waktu untuk urus semua itu. Tapi buat saya, segala ‘kerepotan’ itu sama serunya dengan perjalanan itu sendiri. Nambah cerita deh!

Lanjutkan membaca Yuk, Atur Perjalananmu Sendiri!