How to Avoid Airport Hustle

Kali ini berita yang lagi ramai dimana2 soal kasus seorang istri pejabat yang menampar petugas bandara. Heboh banget ya si ibu ini, harusnya kan sudah tahu kalau ada prosedur di bandara…

Terlepas dari kasus itu, yang namanya bandara memang banyak banget prosedurnya. Apalagi kalau untuk perjalanan luar negeri. Security check saat masuk bandara, terus check-in, antri imigrasi, security check lagi untuk boarding, lalu antri boarding.

Semua prosedur tersebut pastinya ada alasannya, yang utama soal keamanan. So just deal with it. Lagipula menurut saya di Indonesia sebetulnya masih agak longgar lho. Petugasnya juga biasa aja (maksudnya bukan yang jutek atau ramah berlebihan).

DCIM100GOPROGOPR1359.

Pekerjaan saya sekarang mengharuskan saya pergi ke luar kota kurang lebih 2 kali dalam sebulan. Karena sering bolak-balik bandara ini, saya jadi tahu gimana triknya supaya proses di bandara gak memakan waktu. Here is the tips to avoid airport hustle:

1. Come Early

Saya selalu merencanakan sampai di bandara minimal 1 jam sebelum keberangkatan, terutama untuk penerbangan internasional.

Misalnya kalau flight kita jam 7 pagi, berarti kita harus sampai di bandara jam 6. Perjalanan ke bandara 3 jam, berarti kita wajib berangkat jam 3 pagi.

Kalaupun jadinya sampai di bandara kecepetan, jauh lebih baik daripada datang terlambat kan?

2. Prepare all important documents

Cek lagi dokumen penting yang harus dibawa. Paspor, KTP atau SIM, dan tiket pesawat. Tapi kalau tiket sih sekarang bisa di handphone saja (Go paperless, y’all)

Tiap baru naik kendaraan menuju bandara, saya biasanya cek lagi apakah paspor atau KTP saya ada. Even if you are sure, just make sure again.

3. Dress accordingly

Sebelum antri security check, masukkan jam tangan, handphone, dan koin-koin ke dalam tas. And here’s what to wear:

• Celana berkantong dan yang gak perlu ikat pinggang
  • Baju yang nyaman, dan bawa jaket atau scarf kalau kamu gampang kedinginan kayak saya
  • Sepatu yang nyaman, kalau bisa pakai slip-ons, yang gampang dibuka
  • Tas dengan kantong kecil, untuk taruh paspor / KTP / tiket dan barang-barang perintilan. Atau bisa juga bawa pouch kecil.

4. Enjoy your trip!

Tips paling utama, just enjoy your trip! Bahkan saat perjalanan yang tujuannya untuk kerja (yang bikin saya harus berangkat ke bandara pagi buta dan pulang malam harinya di hari yang sama), saya sih senang2 saja. Intinya kan naik pesawat = jalan-jalan *anaknyamurah*

Kalaupun kita diperlakukan gak mengenakkan, kalau memang hanya salah sedikit, ya sudahlah.. No need to make it big. Don’t let a little misshap ruin our mood, especially for holiday! πŸ˜€

Diterbitkan oleh

Adissa Mahani

A traveler who also happen to be a designer, writer, and animal lover.