Japan on Summer, Why Not?

It’s summer time again! Gak kerasa ternyata sudah 2 tahun berselang sejak summer trip kami ke Jepang. It feels like yesterday.

Soal perjalanan saya ke Jepang, banyak yang bertanya kenapa saya perginya saat musim panas. β€œKan panas banget? Sama aja kayak di Jakarta dong? Kenapa gak pas sakura? Gak mau rasain salju?”

Ya kira-kira begitu deh tanggapan beberapa orang ketika tahu saya ke Jepang saat summer. Padahal Jepang di musim panas itu seru banget lho. Here’s why:

Musim Panas = Musim Festival

Di Jepang banyak banget festival atau matsuri yang seru di tiap musim, tapi musim panas semakin banyak festival yang diadakan di banyak kota di Jepang.

Festival musim panas antara lain Gion Matsuri (satu dari tiga festival terbesar di Jepang) di Kyoto, festival hanabi (kembang api) di berbagai kota, dan masih banyak lagi. Untuk jadwal lengkap festival musim panas, bisa dilihat di website JNTO.

 

Matsuri juga jadi saat yang tepat untuk berjalan-jalan dengan mengenakan kimono, pakaian tradisional Jepang. Banyak kok yang menyediakan jasa sewa kimono.

summer in japan-12

Waktunya Santai

Holiday mode: ON

Orang Jepang terkenal dengan budaya gemar bekerja, jadi gak heran kalau suasana sibuk sangat terasa terutama di kota-kota besar. Khusus di musim panas, warga Jepang seolah lebih bersantai.

summer in japan-8summer in japan-6

Berhubung anak sekolah juga sedang liburan musim panas, kita akan banyak melihat keluarga yang berwisata. Para salaryman juga ikut bersantai after office hour di berbagai izakaya.

summer in japan-13summer in japan-15

Bawaan Sedikit

Karena panas, piihan pakaian jatuh ke baju yang berbahan tipis. Pastinya bawaan jadi lebih sedikit dong.

Dibandingkan saat musim dingin dimana jaket saja bisa memakan tempat sampai setengah koper sendiri. Belum lagi baju hangat berlapis-lapis yang memang harus kita bawa.

Summer Foods

Summer means kakkigori! Kalau ke Jepang saat musim panas, wajib banget makan kakkigori alias es serut dengan berbagai topping. Kakkigori mudah sekali ditemukan dimana-mana, dari mulai kios pinggiran jalan sampai restoran. Harganya mulai dari 150 yen.

summer in japan-9summer in japan-5

 

Selain kakkigori, saat summer juga wajib coba somen atau soba yang disajikan dingin. Makannya dengan cara dicelupkan di saus terpisah.

summer in japan-11summer in japan-10

Cara unik menyajikan cold somen yaitu dengan memakai bambu. Batang bambu yang dibagi dua dan disusun kemudian dialirkan air. Nah cara makannya, kita harus ambil somen yang dialirkan bersama air.

toco-11

One Piece Summer Premier

Kalau yang ini sih alasan personal. Hahaha.

Sudah sejak lama saya ingin ke Jepang saat summer karena ini. Tiap summer di Universal Studios Japan ada One Piece Summer Premier, dimana ada satu area di USJ dihias dengan tema One Piece! Selain itu juga ada live action One Piece dengan tema yang berbeda-beda tiap tahunnya.

I will write about it on separate post because it would be long. πŸ˜›

summer in japan-3

Nah jadi sebetulnya seru aja kan ke Jepang saat musim panas – tapi personally saya pikir ke Jepang musim apa aja akan seru hahaha.

Memang gak bisa dipungkiri, musim panas di Jepang itu panas banget. Well, Jakarta juga panas, tapi di Jepang rasanya lebih humid. So.. ini beberapa tips supaya jalan-jalan tetep seru meskipun panasssss :))

  • Pakai baju yang bahannya tipis dan menyerap keringat
  • Sunblock is a must
  • Stay hydrated
  • Istirahat yang cukup
  • Stay on shade, pakai topi atau payung
  • Be ready for heavy rain
  • Just enjoy!
Iklan

Diterbitkan oleh

Adissa Mahani

A traveler who also happen to be a designer, writer, and animal lover.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s