Wisata Kuliner di Melaka, Malaysia

Saya ingat sebelumnya seorang teman pernah cerita, kalau di Melaka itu makanannya enak-enak. Setelah mencoba sendiri kesana, ternyata betul juga.

Kali ini saya mau share soal pengalaman kami kulineran di Melaka, sebuah kota kecil di pesisir Malaysia. (Read also: 1 Day Trip in Melaka)

Chicken Rice Ball

Menu nasi ayam sangat mudah ditemukan kalau kita datang ke Singapura atau Malaysia, tapi di Melaka ada nasi ayam yang beda dari biasanya. Di kota ini, nasi yang dihidangkan dibentuk menjadi bola, alias rice ball.

Terus kelebihannya apa? Makannya jadi gampang hahaha. Dan menurut saya nasinya lebih lembut dan rasanya lebih gurih. Kurang lebih teksturnya seperti nasi lemper.

Nasi bola ini kami coba di Ee Ji Ban Chicken Rice Ball. Tenang saja, restoran ini berlabel halal kok. Alamatnya di 275 Jalan Melaka Raya 3, Melaka 75000.Kalauย 

Kalau mau makan disini siap-siap antri ya. Tapi karena pelayanannya cepat dan kursinya cukup banyak, jadi tidak terlalu lama kok waktu menunggunya.

melaka-1

melaka-2

melaka-3

Asam Pedas

Selain nasi ayam, ada satu masakan lagi yang bisa ditemukan dimana-mana di Melaka, Asam pedas namanya.

Asam pedas ini bisa dibilang sejenis gulai tapi rasanya asam, mengingatkan saya dengan gulai Bangka. Bumbunya tipikal gulai Melayu, asam pedas manis, pokoknya enak ๐Ÿ˜€

Saya lupa ini nama restorannya apa, yang jelas ada di dekat hotel The Explorer. Untuk isinya kita bisa pilih antara ikan atau seafood. Asam pedas biasanya disediakan bersama nasi dan telur asin.

melaka-7

melaka-8

Coconut shake

This was my savior… Melaka itu panas. banget. Ya memang letaknya juga di pesisir laut. Makanya paling enak minum yang dingin-dingin.

Nah di Melaka kita bisa temukan coconut shake! Jangan pikir ini santan yang di-blend lho.. Coconut shake ini rasanya lebih seperti eskrim kelapa, dan dikasih potongan daging kelapa didalamnya. Rasanya segar, gak terlalu manis.

Waktu itu kami beli ini di Jonker Walk, tidak jauh dari pintu masuk menuju jalan Jonker ada beberapa penjual coconut shake kok.

melaka-5

Kalau ini bukan coconut shake sih. Intinya ini es kelapa, tapi bentuknya setengah buah kelapa dan dikasih es batu. Rasanya sih gak dikasih tambahan gula.

Es kelapa ini banyak ditemukan di Jonker Walk, pasar malam di sepanjang jalan Jonker yang diadakan tiap akhir pekan.melaka-6

Putu piring

Namanya mirip kue putu, rasanya juga mirip. Dari segi tekstur agak berbeda, kalau putu piring gak sepadat kue putu yang biasa kita makan. Putu piring ini ada yang hanya pakai gula merah, ada juga yang diisi kacang merah.

Putu piring ini bisa dibeli di toko-toko di daerah Jonker Walk.

melaka-4

Selama 3 hari 2 malam di Melaka, kami cukup puas eksplor kota dan mencoba makanannya. Tapi sampai sekarang kadang saya suka tiba-tiba pengen makan chicken rice ball…

Yep, ternyata makanan di Melaka itu ngangenin!

Iklan

Diterbitkan oleh

Adissa Mahani

A traveler who also happen to be a designer, writer, and animal lover.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s