[1 Day Trip] Kyoto – Journey Through the Time

If I have to describe how it feels to strolling around Kyoto, it would be like a journey through the time.

Rasanya saya seperti kembali ke masa lampau di zaman Edo ketika menyusuri Kyoto. Kota ini menunjukkan sejarahnya yang tetap terjaga hingga membuktikan kemajuannya di era modern.

Kota yang relatif kecil, menjadikan kota Kyoto mudah untuk dijelajahi, didukung pula dengan sarana transportasi yang memadai.

Dalam satu hari, kita akan merasakan perjalanan dari masa lalu menuju Kyoto di era modern.

08.00 – Stasiun Kyoto

Perjalanan kali ini kita mulai dari stasiun Kyoto, stasiun utama yang berada di pusat kota. Stasiun Kyoto bukan hanya pusat jalur kereta kota ini, namun juga menjadi pemberhentian utama bis dalam kota.

Mengelilingi kota Kyoto memang paling mudah dengan menggunakan bis, yang menjangkau hampir seluruh tempat wisata di kota ini.

Untuk menghindari keramaian, berangkatlah pagi-pagi. Jika tidak, bisa-bisa harus mengantri panjang, terutama di musim liburan seperti saat musim semi dan musim panas.

kyoto-1
09.30 – Kiyomizu-dera

Tujuan pertama hari ini ialah Kiyomizu-dera, komplek kuil paling terkenal di Kyoto. Dari depan stasiun Kyoto, pilih bis nomor 100 atau 206.

Setelah perjalanan selama 15 menit, turunlah di halte Kiyomizu-michi. Dari halte tersebut, berjalanlah menyusuri jalan menanjak menuju Kiyomizu-dera.

Kuil Kiyomizu merupakan komplek kuil tua yang mulai dibangun tahun 798 di kaki gunung bagian Timur kota Kyoto. Kuil ini menjadi sebuah komplek kuil besar di tahun 1633. (Read more about Kiyomizu-dera here)

***Tiket masuk : 400 yen

kyoto-2kyoto-3kyoto-4kyoto-5kyoto-6kyoto-7

11.00 – Distrik Higashiyama

Selesai berkeliling di komplek kuil Kiyomizu, kali ini kita akan menyusuri area distrik Higashiyama. Distrik ini letaknya dekat dengan kuil Kiyomizu.

Menyusuri distirk Higashiyama, kita akan disuguhi suasana bak kembali ke zaman Edo.
Distrik Higashiyama terbentang di bagian Timur kota Kyoto, dan merupakan salah satu distrik bersejarah yang dijaga dengan sangat baik.

kyoto-8kyoto-9kyoto-10

13.00 – Yasaka pagoda / Hokanji

Setelah berjalan beberapa menit menyusuri distrik Higashiyama, akan terlihat sebuah bangunan menjulang tinggi yang menarik perhatian. Itulah pagoda Yasaka, ikon distrik Higashiyama.

Dulunya pagoda Yasaka merupakan bagian dari kuil Hokan-ji, yang sayangnya hancur akibat bencana alam dan perang selama bertahun-tahun. Hanya pagoda ini yang masih tetap berdiri hingga saat ini.

Pagoda Yasaka setinggi 49 meter ini terdiri atas 5 lantai, menjadikannya bangunan kayu tertinggi ketiga di Kyoto.

Terkadang pagoda Yasaka dibuka oleh umum, kita bisa naik ke lantai 2 dan menikmati pemandangan kota Kyoto dari atas. Tapi sayang saat itu pagoda ini sedang ditutup, jadi hanya bisa dinikmati dari luar.

kyoto-11kyoto-12

14.00 – Kuil Yasaka

Di ujung distrik Higashiyama, kita akan sampai di kawasan kuil tua lainnya. Kuil Yasaka – dikenal juga sebagai kuil Gion – merupakan salah satu kuil paling terkenal di Kyoto.

Kuil ini mudah sekali ditemukan, karena berada di tepi jalan utama yang merupakan batas antara distrik Higashiyama dan kawasan populer Gion.

Tempat ini ramai dikunjungi di musim semi dan musim panas. Saat musim semi, taman Maruyama yang ada di area kuil Yasaka menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi untuk melihat bunga sakura.

Sedangkan saat musim panas, jangan lewatkan festival Gion Matsuri. Festival paling popular di Jepang ini diadakan tiap bulan Juli. Kami kesana bulan Agustus, jadi sudah ketinggalan jadwal festival.

***Tiket masuk : GRATIS

kyoto-19

15.00 – Kinkakuji

Puas mengelilingi kuil Yasaka, kita akan menaiki bis untuk menuju tempat selanjutnya, kuil Kinkaku-ji.

Berjalanlah ke halte Gion yang berada di dekat kuil Yasaka, kemudian naiki bis nomor 12 dan turun di halte Kinkakuji-mae. Gerbang menuju Kinkaku-ji berada tepat di seberang halte ini.

Kinkaku-ji merupakan salah satu situs paling terkenal di Kyoto, yang populer dengan nama Temple of the Golden Pavilion (paviliun emas). Ya, paviliun berlapis daun emas inilah yang menjadi daya tarik utama situs bersejarah ini.

***Tiket masuk : 400 yen

kyoto-14kyoto-16kyoto-15

18.00 – Stasiun Kyoto

Tak terasa matahari sudah hampir terbenam. Untuk tujuan akhir, kita kembali ke titik awal perjalanan hari ini.

Berjalanlah ke halte Kinkakuji-michi, lalu naiki bis nomor 101 atau 205 yang akan membawa kita kembali ke stasiun Kyoto.

Sampai di stasiun Kyoto, masih banyak yang bisa dilakukan. Stasiun Kyoto merupakan bangunan stasiun terbesar kedua di Jepang, menjadikannya bangunan terbesar di kota ini.

Desain bangunan stasiun yang futuristik terasa kontras setelah seharian menjelajah bangunan-bangunan dari masa lalu.

kyoto-18kyoto-17

Menjelajah kota Kyoto tidak hanya sekedar untuk memanjakan mata. Kota ini menunjukkan sejarahnya yang tetap terjaga dengan baik, hingga membuktikan kemajuannya di era modern.

Maka tidak salah rasanya jika menyebut perjalanan kali ini sebagai perjalanan menyusuri waktu.

*****

TIPS:

Keliling kota Kyoto memang paling mudah dengan menggunakan bis. Jadi sebaiknya belilah Kyoto Bus One-Day Pass. 

Tiket ini merupakan tiket diskon yang bisa dipakai selama 1 hari penuh tanpa batas penggunaan. Bus pass ini bisa dibeli di mesin penjual tiket bis dan Bus Information Center di stasiun Kyoto.

Waku itu kami ditawarkan staff hostel tempat kami menginap. Jadi sepertinya bus pass ini juga banyak dijual di hotel-hotel di Kyoto.

Harga bus pass ini  500 yen (dewasa) dan 250 yen (anak-anak). Jatuhnya jadi lebih hemat kalau menggunakan bus pass jika kita akan ke beberapa tempat dalam 1 hari.

otona
More info here

***Tulisan serupa pernah terbit di Tabloid RUMAH edisi 340, dengan beberapa perubahan

Iklan

Penulis: Adissa Mahani

A traveler who also happen to be a designer, writer, and animal lover.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s