5 Tips Nonton Konser di Negeri Tetangga

Hayo ngaku, siapa yang langsung panik saat Coldplay mengumumkan concert stops for upcoming tour?

Kayaknya lagi jadi the hottest topic in town nih. Kalau saya sih gak termasuk yang ketar-ketir, toh saya biasa aja sama Coldplay..

Dulu saya termasuk yg mikir kalau nonton konser di luar negeri itu mahal banget. Tapi ternyata setelah diperhatikan, beberapa konser harga tiketnya bisa lebih murah dibandingkan tiket di Indonesia. Lagipula kan bisa sekalian jalan2..

Sepertinya bukan hal baru bagi orang Indonesia nonton konser di negeri tetangga. Ya memang Indonesia belum jadi tujuan utama untuk konser artis internasional, gak seperti Singapura dan Thailand.

Saya sendiri punya pengalaman 2 kali pergi ke luar negeri untuk nonton konser. Perginya gak begitu jauh kok, yang pertama di Bangkok tahun 2015, kemudian tahun lalu di Singapura.

Nah soal nonton konser di negeri tetangga, ada beberapa tips yang saya mau share:

1. Only buy tickets from trusted buyer

The most crucial thing: concert ticket.

Enaknya nonton konser zaman sekarang, semuanya sudah memakai sistem penjualan tiket online. Tetutama di Singapura, semua tiket konser dijual melalui situs Sistic. Kalau di Thailand, waktu itu saya beli melalui situs resmi Thai Ticket Major.

Untuk beli tiket ini, pembayaran harus dengan kartu kredit. Kartu kredit pinjaman juga boleh kok. Nanti saat tukar dengan tiket asli, tinggal bawa fotokopi kartu kredit dan tanda pengenal pemilik kartu kredit.

Ohya, kalau mau nonton konser artis terkenal, be prepared for ticket war. Masuk situsnya saja sudah susah karena high traffic, pas berhasil akses situsnya, udah soldout hahaha.

Terus gimana kalo gak dapet tiket dari agen resmi? Yaa, alternatifnya cari reseller, yang jual tiket karena batal datang. Biasanya reseller ini suka bermunculan menjelang hari H.

Gak dapet reseller, cari calo. Dimana-mana ada saja calo. Contohnya di Thailand yang para calo nya terkenal tega… harga tiketnya bisa dinaikkan berlipat-lipat!

Kalaupun akhirnya beli di calo, bayarlah setelah ada tiket dan dipastikan kalau tiket itu asli. Jangan pernah transfer uang sepeserpun sebelum tiket di tangan!

2. Arrange trip after secure concert ticket

Tiket konser sudah di aman, saatnya beli tiket pesawat.

Beruntung kalau konsernya masih lama, terkadang masih bisa dapat tiket pesawat promo. Kalau mendadak, ya memang agak susah untuk dapat tiket pesawat murah. Tapi jaga2 saja kalau kita gak dapet tiket konsernya.

Untuk itu, rajin-rajin cek harga tiket pesawat. Waktu ke Singapura, saya beli tiket perginya dulu. Sebulan kemudian, kebetulan dapat tiket pulang yang cukup murah.

3. Cari tahu transportasi menuju dan dari venue

Menuju ke venue biasanya sih mudah, yang agak tricky setelah acara selesai. Kebanyakan konser selesai larut malam, sedangkan transportasi umum belum tentu masih tersedia. You have to make sure gimana transportasi dari venue ke tempat menginap.

Venue berkapasitas besar biasanya ada di pinggiran kota, jadi mungkin perlu naik taksi. Jangan sampai aja gak bisa pulang ya…

4. Cari teman untuk nonton bareng

Nonton konser sendirian bukan masalah sih, but of course it would be much more fun with friends. Cari teman yang sama-sama mau nonton konser juga. Bisa berangkat bareng dari Indonesia, atau nanti ketemuan di venue.

Concert buddies gak harus teman yg udah kenal lho. Saya awalnya di Singapura datang ke konser sendirian. Disana malah ketemu beberapa orang yang juga datang sendiri, akhirnya kami jadi bareng-bareng deh. Jadi tambah teman baru juga kan.

5. NABUNG

Jujur saya males sama yang komentar “enak banget ke luar negeri cuma buat nonton konser”.

Well, I worked for it. Duit saya gak turun dari langit kok. Saya nabung, mengurangi pengeluaran yang gak penting, kalau bisa cari penghasilan tambahan.

Beberapa artis punya jadwal tur yang cukup rutin. Karena sudah perkiraan, jadi saya nabung dari jauh-jauh hari.

Because I believe when you really want something, you gotta work for it. 🙂

concert-2

concert-6

concert-7

concert-3

concert-4

DCIM100GOPROGOPR1295.

concert-5

Iklan

Diterbitkan oleh

Adissa Mahani

A traveler who also happen to be a designer, writer, and animal lover.

8 tanggapan untuk “5 Tips Nonton Konser di Negeri Tetangga”

    1. setau saya kalau di Sistic bisa bayar langsung di booth cabang Jakarta, lebih jelasnya cek web nya Sistic aja yaa 😀

    1. hmm kalau mau debit sepertinya gak bisa melalui ATM transfer, karena di ATM gak ada option untuk transfer ke bank thailand.. mungkin bisa lewat bank transfer.
      agak repot sih memang kalo gak pakai kartu kredit 😅

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s