6 hours in Changi Airport – Things to Do

What to do when you have 6 hours to waste in Changi Airport?

Kembali ke 3 bulan yang lalu, ketika saya ‘terjebak’ di Changi Airport, bandara utama negara Singapura. Sendirian. Yep it was my first solo trip overseas. Teman-teman saya sudah pulang duluan di hari sebelumnya.

Hari itu penerbangan saya kembali ke tanah air dijadwalkan pukul 7 malam. Tapi saya sudah sampai di bandara pukul 3 sore. Hahaha. Maklum soalnya saya memang kelewat disiplin soal naik pesawat. Lebih baik saya goler-goleran di bandara deh daripada harus ketinggalan pesawat.

Lagipula, saya pribadi gak masalah kalo harus menghabiskan banyak waktu di bandara. Saya senang aja memperhatikan aktivitas di bandara. Dari mulai pesawat yang lalu lalang di runway hingga para pegawai bandara yang sibuk dengan rutinitasnya.

Airport has always been an exciting place for me.

Anyway, 6 jam di Changi tetap saja bukan waktu yang sebentar. Bahkan buat saya yang suka bandara, bisa bosan juga.. Tapi karena memang dari sebelumnya saya sudah rencana mau keliling di Changi, saya cari tahu apa saja yang bisa dilakukan disana. Except regular stuffs like eating or shopping.

So this is how I spent 6 hours in Changi Airport alone:

  1. Find secret gardens

Tenang ini bukan judul drama Korea. Sebelumnya saya pernah baca entah dimana, kalau di Changi itu ada beberapa taman tematik. Nah, kemarin ada 2 taman yang berhasil saya ‘temukan’, yaitu  Cactus Garden dan Water Lily Garden. Keduanya berlokasi di Terminal 1.

Cactus Garden menempati rooftop Transit Area T1, tempatnya cukup luas dan ada kafe kecil juga disana. Such a nice place. Kita bisa lihat langsung ke arah runway – to those who enjoy watching airplane taking off and landing, like me.

Mungkin saya akan berlama-lama disana kalau cuacanya gak sepanas kemarin dan saya lagi gak puasa.. daripada nanti heatstroke ._.

Meanwhile, Water Lily Garden gak seluas Cactus Garden dan lebih ramai. Ramainya sama orang yang ngerokok hmm.. Taman kecil ini letaknya di lantai 2 Departure Transit Lounge, T1.

Sebetulnya masih ada taman-taman menarik lainnya. Saya tadinya berencana melihat Sunflower Garden dan Butterfly Garden, tapi kedua taman ini letaknya di terminal lain. Next time then!

  1. Fill your tummy

Regular thing but cannot be left out. Seperti bandara besar lainnya, di Changi ada banyak banget tempat makan. Tinggal pilih sesuka hati. Mau cari makanan halal pun gampang.

Berhubung waktu itu bulan Ramadhan, jadi saya hanya makan di salah satu gerai fastfood, supaya cepat dan dekat pula.

Tapi kalau ada kesempatan ke SIngapura lagi, saya pasti akan coba makan di kantin karyawan Changi Airport. Yep, ada kantin karyawan yang tersembunyi, tapi katanya makanannya enak-enak dan pastinya lebih murah. Kapan-kapan deh ya..

  1. Shop ’til drop

Belum beli oleh-oleh? Beli saja di bandara. Harganya memang gak akan semurah kalau kita beli di Bugis atau bahkan Orchard. Tapi kalau mau beli kosmetik, lebih baik di bandara.

Tinggal mampir ke duty-free shop yang tersebar di Changi Airport. Duty-free artinya tanpa pajak, jadi memang jatuhnya akan lebih murah daripada beli di toko biasa.

4. Take a nap

Ada banyak sofa dan kursi bertebaran di seluruh penjuru Changi Airport. Di samping sofa juga tersedia charger, to those who can’t live without your gadget.

Saat itu saya memang lagi ngantuk berat dan handphone mati, jadi saya leyeh-leyeh saja sambil menunggu baterai handphone terisi.

5. Do random things

Believe me when I said there are so many random things to do in Changi Airport. Changi ini selain luas dan fasilitasnya lengkap, banyak fitur tambahan  lainnya simply to entertain the travelers.

Beberapa hal random yang saya lakukan kemarin di antarnya posting selfie on Social Tree di area depan T1, admiring art installations all over the place, sampai nontonin pesawat di runway. Hahahha.

Akhirnya waktu sudah menunjukkan pukul 7 malam, ternyata pesawat yang akan saya naiki delay.. ya sudah lah.

Intinya, turn up spent 6 hours in Changi wasn’t so bad, malahan kurang untuk eksplor seluruh area Changi Airport.

DCIM100GOPROGOPR1350.

DCIM100GOPROGOPR1352.

DCIM100GOPROGOPR1348.

DCIM100GOPROGOPR1347.

DCIM100GOPROGOPR1347.

changi-6

DCIM100GOPROGOPR1364.

DCIM100GOPROGOPR1359.

DCIM100GOPROGOPR1368.

changi-10

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s