Wisata Kuliner di Bangka

Sebelum berangkat ke Bangka, salah satu target saya adalah makan martabak Bangka langsung disana. Ternyata selain martabak, Bangka punya banyak banget makanan enak lainnya.

Makanya saat saya dan keluarga akhirnya pulang kampung, kami gak lupa wisata kuliner. Sebetulnya wisata kuliner itu agenda wajib sih kalo di keluarga besar kami. Beruntung punya keluarga besar yang sama2 doyan makan. Hahaha

Sekarang ini makanan Bangka yang paling dikenal, kalo gak martabak, ya mie Bangka. Padahal di pulau ini banyak makanan enak yang belum banyak dikenal dan sepertinya memang sulit ditemukan di luar pulau Bangka.

Selain yang ada di daftar ini, masih banyak kuliner lain yang kami coba, sayangnya lupa kami foto hehe. Ini dia makanan yang wajib dicoba kalau berkunjung ke pulau Bangka:

  1. Otak-otak

Kalau ditanya apa makanan khas Bangka, jawabannya ya otak-otak. Rasanya selama 4 hari kami disana, tiap hari kami makan otak-otak. Dari mulai otak-otak biasa yang terbuat dari ikan, sampai otak-otak udang. Truth to be told, otak-otak di Bangka semuanya enak!

Cara memasaknya juga ada beberapa macam, bisa dibakar, digoreng, atau direbus. It doesn’t matter how to cook it, all of it taste so good. Di Bangka, otak-otak dimakan dengan 2 pilihan bumbu, ada saus tauco atau saus terasi. Beda dengan di pulau Jawa yang biasanya memakai bumbu kacang.

Beberapa tempat otak-otak yang kami coba saat di Bangka:

  • Otak-otak Asam : lokasinya di Belinyu, sebelah utara kota Pangkal Pinang. Kabarnya, otak-otak di Belinyu itu yang paling enak di pulau Bangka. Otak-otak Asam ini sebetulnya warung kaki lima, tapi jangan salah, otak-otaknya enak! Jangan lupa pesan es kacang merahnya juga ya.
  • Otak-otak Depan BCA – no seriously, namanya literally ‘Depan BCA’… : Menempati sebuah kios di kota Pangkal Pinang, disini kita bisa bawa pulang otak-otak untuk oleh-oleh.
  • Otak-otak Ase: kios otak-otak ini punya beberapa cabang di Pangkal Pinang. Disini kita juga menyediakan otak-otak yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh.
kuliner-bangka-3
Otak-otak Asam
kuliner-bangka-5
Otak-otak Depan BCA
kuliner-bangka-4
Otak-otak Ase
  1. Martabak Bangka

Sebagai martabak manis enthusiast, gak afdol rasanya kalau belum mencoba martabak Bangka di tempat asalnya. Dari hasil baca-baca referensi di internet, banyak yang merekomendasikan Martabak Acau. Jadilah kami mencari Martabak Acau untuk snack malam.

Dan betul aja, Martabak Acau memang kacau. It was the best martabak manis ever!

Adonannya lembut dan gak terlalu manis. Menteganya juga pas jadi gak terlalu berminyak. Ini sepertinya martabak terenak yang pernah saya makan! Untuk yang gak suka manis, disini juga dijual martabak telur. Martabak telurnya juga gak kalah enak, topping nya banyak dan kuah cukanya enak.

kuliner-bangka-9
The best martabak manis ever
DCIM107GOPROGOPR3799.
The expert
  1. Mie Koba

Ini rekomendasi pemandu kami yang memang asli Bangka. Kami dibawa ke Mie Koba Iskandar.

Pertama melihat mie koba ini, kami sudah underestimate. Penampakannya kurang meyakinkan, belum lagi kelihatannya gak ada topping apapun. Hanya mie yang diberi kuah kecoklatan, ditaburi bawang goreng dan seledri. Tapi karena wanginya menggoda, kami gak ragu lagi untuk mencoba mie koba ini.

Ternyata enak! Kuahnya bening dan ada sedikit rasa ikan, tapi gak amis lho. Porsinya pas. Pokoknya memuaskan.

kuliner-bangka-6
Don’t judge a food by its appearance…
  1. Kerupuk

Kerupuk Bangka can never go wrong. Selain otak-otak, rupanya di Bangka juga gak ada kerupuk yang gak enak. Dari mulai kerupuk ikan, udang, dan cumi, semuanya enak.

Kebanyakan warga asli Bangka membuat sendiri kerupuk mereka. Berhubung kemarin itu kunjungan silaturahmi sanak saudara, jadilah kami sering disuguhkan kerupuk homemade.

Kami sempat datang ke sentra produsen kerupuk di kota Belinyu. Disini harga kerupuk bisa lebih murah daripada di pasar. Tempatnya unik deh, serasa masuk set film. Mayoritas warganya keturunan Tionghoa, rumah yang mereka huni berupa rumah tua dengan material kayu.

kuliner-bangka-1
Kerupuk dalam proses penjemuran
kuliner-bangka-7
Serasa masuk setting film…

kuliner-bangka-2

  1. Kopitiam

Bangka Belitung terkenal akan warung kopi-nya. Jadilah kami datang ke sebuah kopitiam (artinya warung kopi) untuk sarapan.

Kabarnya Kopitiam Tung Tau adalah yang tertua di pulau Bangka, berdiri sejak tahun 1938 dan sudah punya beberapa cabang. Sayangnya kami tidak datang ke kios Tungtau yang pertama, letaknya di kota Sungailiat. Selain kopi, makanan disini cukup enak, salah satunya roti panggang isi telur rebus.

kuliner-bangka-8
Roti panggang isi telur rebus
kuliner-bangka-10
Breakfast at Tung Tau
  1. Mie Bangka

Jadi saat kami bilang ke pemandu kami, dimana kalau mau makan mie Bangka yang halal, kami dibawa ke sebuah kios kecil. Ternyata mie Bangka yang dia maksud berbeda dengan yang kami maksud itu beda… kami malah disuguhkan mie berkuah ikan.

But no problem, karena ternyata kios kecil yang gak ada namanya ini malah jadi one of our most satisfying meal. Harganya murah (sepiringnya hanya 5000 rupiah!)  dan enak.

Jadi intinya, kalau di pulau Jawa yang namanya mie Bangka itu isinya mie dengan potongan ayam, tapi kalau disini, mie Bangka yang seperti di pulau Jawa itu isinya potongan daging babi.. dan di pulau ini, yang disebut ‘mie Bangka’ adalah mie yang disiram kuah ikan.

  1. Makanan laut (seafood)

Seafood gampang ditemukan dimana-mana, tapi kalau berkunjung ke pulau, wajib dong makan seafood. Untuk itu kami datang ke rumah makan Mr. Asui untuk makan malam.

Di makan malam ini, yang jadi highlight adalah lempah kuning. Lempah adalah makanan khas Bangka, mirip gulai tapi kuahnya tidak kental. Lempah kuning berisi ikan dan ditambah nanas jadi rasanya segar. Dari sekian jenis makanan yang kami pesan, hanya kerang ini yang berhasil difoto… maklum sudah lapar.

kuliner-bangka-12
Kerang gede-gede…

BONUS:

kuliner-bangka-13
Lempah udang dari dapur Nek’su cit :))) the best!

◊◊◊ Connect with me: Instagram | Twitter ◊◊◊ 

Iklan

Penulis: Adissa Mahani

A traveler who also happen to be a designer, writer, and animal lover.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s