Osaka Aquarium Kaiyukan ; Met Destiny

Masih ingat si imut Destiny di fim Finding Dory? Yep Destiny si hiu paus yang besar tapi imut itu jadi favorit semua orang. And back in summer last year, I’ve met ‘Destiny’ in Osaka..

Bukan rahasia kalo saya ini pencinta binatang. Dari kecil saya memang senang banget kalo diajak untuk lihat apalagi interaksi dengan binatang.

Ada beberapa impian saya yang berhubungan dengan hewan. Mulai dari ingin ke Afrika untuk melihat singa langsung, atau simpel saja seperti punya shelter untuk kucing liar. Nah salah satunya, saya ingin melihat hiu paus dengan mata kepala sendiri.

Hiu paus, bisa dibilang seperti hybrid antara hiu dan paus, karena bentuk dan ukurannya seperti paus tapi sebetulnya mereka masuk keluarga hiu. Sebetulnya sih saya mau banget lihat hiu paus langsung di habitatnya, tapi ya untuk sekarang lihat dari balik kaca dulu deh..

Jadi pagi2 kami berangkat dari hostel kami di Namba menuju Kaiyukan, sebuah kawasan di kota Osaka yang letaknya di tepi laut. Berbekal note dari pemilik hostel, kami sampai di stasiun Kaiyukan. Menariknya stasiun ini suasananya seperti aquarium. Lorongnya bernuansa biru dan dipajang juga foto-foto dari Osaka Aquarium.

Jarak dari stasiun ke Osaka Aquarium gak begitu jauh. Gak usah takut nyasar juga, karena sepanjang jalan menuju kawasan Kaiyukan, dipasang banner bertanda Osaka Aquarium. Pokoknya jelas banget petunjuk arahnya. Mendekati kawasan Kaiyukan, sudah terlihat bangunan biru yang dihiasi mozaik berbentuk biota laut.

Sebelum masuk, beli tiket dulu di ticket box. Kami beli tiket seharga 3000 yen, sudah termasuk tiket masuk Aquarium dan tiket untuk naik Ferris wheel raksasa di kawasan Kaiyukan juga. Soal Ferris wheel, saya ceritakan nanti yaa..

Dari pintu masuk utama, kita akan langsung dibawa naik dengan eskalator ke lantai paling atas.
Loh kok mulai dari atas? Jadi aquarium ini punya 1 tangki aquarium besar berbentuk tabung yang ada di tengah bangunan. Nanti pengunjung akan berjalan mengelilingi aquarium besar ini sampai ke lantai dasar. Keren ya idenya..

Osaka Aquarium dibagi ke beberapa zona exhibition, dengan tema masing-masing, contohnya Great Barrier Reef, Antarctica, dll. Dan pastinya disini ada beberapa hewan yang belum pernah saya liat sebelumnya, terutama yang berasal dari daratan Antartika, seperti artic seal yang imut dan penguin (yang bau ._.)

And here’s the main star, whale shark alias hiu paus! We’re lucky enough karena bertepatan dengan jam makan hiu paus. I’ve never seen something like that before. Rasanya gak bosan-bosan untuk lihat si whale shark berenang berputar2 di aquarium yang sangat luas.

Enaknya, di sepanjang lorong ada banyak tempat duduk yang menghadap ke aquarium. Jadi bisa sekalian istirahat sambil menonton penghuni aquarium lalu lalang.

Pokoknya tangki utama ini memang ramai. Si hiu paus berbagi tangki ini dengan ikan pari, hiu, dan ikan kecil lain. Jadi memang dibuat seperti di laut betulan. Gak salah sih kalau exhibit terbesar ini dinamakan Pacific Ocean.

Selain aquarium utama, ada banyak lagi yang bisa dilihat. Seperti zona Maldives, dimana kita bisa mencoba pegang langsung hiu dan ikan pari. Ada juga ruangan Floating Jelly Fish, dimana terdapat tangki-tangki kecil berisi ubur-ubur (saya baru tahu kalau ubur-ubur ada banyak banget jenisnya, bentuknya pun macam2). Lalu temporary exhibition room, yang saat itu temanya mengenai hiu.

Terakhir, kami masuk ke souvenir store! Duh barangnya bagus-bagus, bikin saya pengen beli macam-macam. Meskipun akhirnya cuma bisa lihat-lihat saja, dan cobain tester gratisan hahaha.

Hati senang, kami duduk-duduk di luar sambil makan onigiri bekal tadi pagi. Visiting Osaka Aquarium Kaiyukan was a simple thing, but for me, seeing all those animals makes me really happy 🙂

kaiyukan-2
Tampak depan Osaka Aquarium yang eye-catching
kaiyukan-4
Let’s go see the whale shark~
kaiyukan-5
Bought the ticket first
kaiyukan-6
It’s feeding time for the seal
kaiyukan-7
Ini pertama kalinya saya lihat penguin antartika lho..
kaiyukan-8
and here’s the main star, the whale shark *__*
kaiyukan-3
But first, let’s eat
kaiyukan-12
No worry, kacanya setebal ini…
kaiyukan-9
Can’t take my eyes off it..
kaiyukan-10
Ramainya..
kaiyukan-13
Arctic seal just chillin’ there. TOO CUTE.
kaiyukan-14
Touching pool.. you can touch shark here..
kaiyukan-11
I almost buy this…

TIPS:

  • Tiket masuk ke Osaka Aquarium ada yang berupa paketan, tapi bisa juga kok untuk beli tiket masuk aquarium saja.
  • Cek jadwal pemberian makan di website Osaka Aquarium. Waktu itu kami beruntung karena bertepatan dengan jam makan anjing laut dan hiu paus.
  • Further info cek di website resmi Osaka Aquarium Kaiyukan
Iklan

Diterbitkan oleh

Adissa Mahani

A traveler who also happen to be a designer, writer, and animal lover.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s