3 Pantai Terbaik di Pulau Bangka

We all need a dose of vitamin sea ๐Ÿ˜€ and I got my vitamin sea boost last weekend, dimana lagi kalau bukan di Bangka! Akhirnya saya pun merasakan yang namanya pulang kampung. Begitulah, meskipun kakek dan nenek saya asli Bangka, saya belum pernah sama sekali kesana sebelumnya…

Short holiday kali ini sebenarnya lebih seperti kunjungan silaturahmi, menyambung tali kasih dengan saudara jauuuh (anaknya sepupunya kakek… kurang jauh apa coba ._.) Meskipun begitu, kami tetap harus sempetin dong untuk jalan-jalan di pulau Bangka. Kemana lagi kalau bukan ke pantai!

Gak banyak yang tahu kalau pantai-pantai di pulau Bangka sama bagusnya dengan di pulau Belitung. Ibukota provinsi Kepulauan Bangka-Belitung sebetulnya terletak di pulau Bangka, tapi saat ini Belitung jadi lebih terkenal semenjak naik pamor berkat film Laskar Pelangi.

Ada banyak sekali pantai di pulau Bangka, letaknya pun tersebar di berbagai penjuru pulau. But not gonna lie, some of those beaches were disappointing.. Kotor dan banyak warung jualan yang gak teratur. Sayang banget..

Nah, since I’ve been there, saya mau berbagi berdasarkan pengalaman pribadi saya. Supaya kamu gak ketipu dengan gambar-gambar di internet.

So here it is, 3 pantai terbaik di pulau Bangka:

1. Pantai Penyusuk

Pantai Penyusuk letaknya di ujung Utara pulau Bangka, 24km dari kota Belinyu. Memang agak jauh dari pusat kota, but it’s all worth it!

Pasirnya putih, bersih, dan airnya jernih. Terlihat batu-batu besar seperti yang banyak ditemukan di Belitung. Pantai Penyusuk ini juga tidak terlalu ramai.. (apa karena kami kesana sore-sore dan setelah hujan ya)

Dari pantai Penyusuk bisa naik perahu sewaan menuju pulau-pulau yang ada di sekitar. Karena hari sudah sore, jadi kami tidak sempat untuk hoping island. Padahal gak jauh dari pantai Penyusuk, banyak pulau-pulau bagus yang jaraknya gak begitu jauh. Looks like we need to back there…

pantai penyusuk bangka batu besar
Batu-batu besar di pantai Penyusuk, serupa dengan yang ada di Belitung

pantai penyusuk di bangka.

2. Pantai Tikus

Tidak jauh dari kota Pangkalpinang, tepatnya di kota Sungailiat, ternyata banyak pantai bagus, salah satunya pantai Tikus ini. Pantai Tikus tersembunyi di balik pepohonan, kelihatan dari jalan raya, tapi tidak ada jalan untuk mobil. Jadi kami parkir di dekat jalan raya, lalu jalan kaki ke pantai Tikus.

Pantainya bagus banget! Sepi, rasanya seperti pantai milik pribadi. Bersih dan pastinya berpasir putih.

Uniknya, pantai Tikus ini langsung berbatasan dengan bukit. Hijaunya pepohonan bertemu dengan birunya laut. Looks amazing. Ohya, kalau kesini, jangan lupa berkunjung ke Pagoda Vihara Puri Tri Agung, yang letaknya di atas bukit tak jauh dari pantai Tikus.

pantai tikus bangka
No filter needed….
pantai tikus di bangka
Pantai ini langsung berbatasan dengan bukit!
pantai tikus pulau bangka
View dari pagoda di atas bukit

3. Pantai Rambak

Last but definitely not least. This beach is probably my favorite. Pantai Rambak jadi penutup perjalanan kami di negeri Serumpun Sebalai. Letaknya di Sungailiat, tidak jauh dari pantai Tikus, jadi masih segaris pantai. Garis pantai yang panjang dan cuaca yang mendukung, makes the view really nice.

Pasirnya betul-betul putih dan airnya jernih banget! Pantainya landai, ombaknya pun bersahabat. Rasanya ingin langsung nyebur tapi gak akan sempat kalau berlama-lama, since we have flight to catch…

Menurut pemandu kami, biasanya pantai Rambak ini ramai dikunjungi. Mungkin karena saat itu bukan musim liburan ataupun weekend. Jadi pantainya sepiiii..Fasilitas di pantai Rambak pun cukup lengkap dan teratur. Ada banyak warung yang menjual makanan dan minuman, lengkap dengan saung-saung yang disewakan. Kalau mau berenang, disini sudah tersedia kamar mandi umum.

Next time, I will definitely swim here!

pantai rambak (2)pulau bangka
Can you see the clear water?

pantai rambak pulau bangka

pantai pasir putih di bangka

Iklan

Diterbitkan oleh

Adissa Mahani

A traveler who also happen to be a designer, writer, and animal lover.

2 tanggapan untuk “3 Pantai Terbaik di Pulau Bangka”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s