Matcha Madness

Beberapa waktu belakangan, segala macam yang berlabel “green tea” mendadak jadi tren di Indonesia. Saya juga gak ngerti awalnya dari mana. Greentea atau teh hijau, yang dalam bahasa Jepang disebut matcha, jadi banyak dipakai untuk perasa makanan atau minuman. Kalo saya pribadi, saya memang suka matcha sih, tapi tidak bisa dibilang pencinta juga. Malah terkadang saya gak doyan, karena ada aja matcha yang rasanya agak amis.

Nah, berhubung lagi di Kyoto, pastinya saya harus nyobain matcha asli dari Jepang. Selama 3 hari di Kyoto mendadak saya jadi pencinta matcha hahaha. Ya, Kyoto memang salah satu penghasil teh hijau terbaik, tepatnya di daerah Uji.

Let’s see, makanan atau minuman matcha apa saja yang kami coba:

1.    Lipton Matcha Latte
Matcha pertama yang saya coba di Jepang, saya beli di 7eleven di seberang Fushimi Inari. Minuman rasa matcha yang dicampur susu ini rasanya enak, gak terlalu manis, rasa matcha nya juga pas. Harganya sekitar 240 yen kalau tidak salah.matcha5
2.    Matcha Ice cream – regular
The best matcha ice cream I’ve tried. Saya sudah sering makan eskrim rasa matcha, tapi yang ini paling enak yang pernah saya coba. Rasa matcha dan manisnya pas, gak bikin eneg dan gak terlalu pahit juga. Di kios yang menjual eskrim ini ada 2 pilihan eskrim, mild & rich, kami pilih yang mild, itu saja rasa matcha nya sudah terasa banget. Eskrim seharga 300 yen ini bisa ditemukan di dekat pintu masuk Nishiki Market.

matcha4

3.    Matcha warabi mochi
Di kios yang menjual eskrim matcha tadi, juga dijual makanan rasa matcha lainnya, salah satunya warabi-mochi. Mochi khas wilayah Kansai ini mirip mochi yang biasa kita makan, tapi dipotong kotak dan ditaburi bubuk macha. Mochi yang rasanya manis pas banget dimakan bareng matcha yang pahit. Satu cup warabi-mochi harganya 300 yen.

matcha3

4.    Matcha choux cream
Akibat gak jadi masuk ke Ginkakuji, jadilah kami jajan ini haha. Matcha choux cream ini banyak dijual di sepanjang jalan menuju Ginkakuji. Dengan harga 300 yen, kami dapat 1 buah choux cream yang cukup besar with a generous matcha filling.

matcha1

5.    Matcha kakkigori
Last but not least. Summer means kakkigori. Yep paling enak panas-panas begini makan kakkigori alias es serut yang disiram sirup. Es serut nya lembut, disiram sirup matcha yang manis dan agak pahit. Gak lupa di bawahnya ada tambahan redbean paste. Satu porsi kakkigori harganya 250 yen, kami beli di sebuah tempat makan di area Kiyomizu-dera.

matcha2

Kira-kira itulah makanan dan minuman rasa matcha yang kami coba selama di Kyoto. Selain di Kyoto, saya juga coba makanan rasa matcha lainnya di Osaka dan Tokyo. Ditambah snack serba macha yang dibeli untuk oleh-oleh. Pokoknya, betul-betul matcha madness. 😀

◊◊◊ Connect with me: Instagram | Twitter ◊◊◊ 

Iklan

Penulis: Adissa Mahani

A traveler who also happen to be a designer, writer, and animal lover.

2 thoughts on “Matcha Madness”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s