Tiket Murah yang Jadi Mahal

aa

Sudah sejak lama saya ingin sekali berkunjung ke Jepang. Sepertinya keinginan itu sudah ada sejak saya masih kecil, waktu masih zaman tiap Minggu pagi di saluran televisi isinya kartun Jepang semua 😀

Tapi meskipun kepengen banget, saya belum ada rencana kapan tepatnya akan pergi kesana. Apa lagi masalahnya kalo bukan terpentok biaya, dan sekarang waktu. Berhubung saya belum setahun kerja, jadi belum punya jatah cuti..

Sampai suatu hari di akhir 2014, salah satu teman saya bilang kalau dia akan ke Jepang (lagi) di bulan Agustus, saat summer. Wah, langsung tergiur untuk ikutan! Dihitung-hitung (gaji dan cuti tahun depan) sepertinya memungkinkan. Meskipun artinya saya harus menabung lebih dari biasanya.

“Tapi kan pas summer panas, kenapa gak musim lain??”, semua orang pun menanyakan hal yang sama. Sebetulnya banyak alasan kenapa saya ingin pergi di bulan itu. Pertama, bertepatan dengan ulang tahun saya 😀 hitung2 hadiah seperempat abad untuk diri sendiri. Kedua, karena One Piece. Yap saya memang penggemar manga One Piece, dan tiap summer di Universal Studios Japan selalu ada event special One Piece. Pokoknya saya harus kesana *_*

Akhirnya kami mulai survey harga tiket, as cheap as possible hehee. Kami jadi rajin ngeliatin website maskapai dan datang ke beberapa travel fair. Awalnya ingin pilih yang nyaman, berhubung flight panjang. Selain itu tadinya kami mau cari direct flight, supaya hemat waktu. Waktu itu pilihannya Garuda Indonesia dan Singapore Airlines, yang waktu itu sedang ada promo. Tapi untuk ke Jepang masih di kisaran harga Rp 6-7juta.

image

Antrian masuk travel fair…..

Tiba2 AirAsia mengadakan promo untuk ke Jepang, dengan harga di bawah Rp 4juta. Kesempatan bagus banget, bisa menekan biaya. Sejujurnya sempat ada keraguan, karena saat itu belum lama berselang dari insiden QZ. Tapi yasudahlah, bismillah saja.
Teman saya kasih kabar kalau dia sudah beli tiketnya. Besoknya, saya langsung mencari juga dan akhirnya dapat tiket pulang pergi CGK-KIX seharga Rp 3,7-an. Berbekal kartu kredit pinjaman, tiket pun fix terbeli 😀

Sebulan sebelum keberangkatan, saya ke counter AirAsia di Sarinah Thamrin untuk membeli luggage dan bayar airport tax karena ternyata belum include di tiket. Untuk luggage, saya membeli yang 20kg untuk keberangkatan dan 25kg untuk pulang. Sedangkan airport tax yang harus dibayar sebesar Rp 150ribu. Ternyata setelah ditotal, harga flight plus bagasi dan airport tax, jatuhnya kurang lebih sama dengan maskapai berbintang yang sedang promo hahaha. Ah yasudahlah, ini memang mahal di bagasi sih..

Harga flight ke Jepang sebesar yang saya dapat itu memang murah, tapi belum termasuk apa2 yaa.. Seperti yang saya bilang sebelumnya, kalau mau pakai bagasi harus bayar lagi. Begitu juga untuk makanan dan minuman di atas pesawat. Ya namanya juga low cost airlines, you pay for what you need. Kalau memang tidak butuh tambahan apa2, jadinya memang bisa murah banget.

Kami juga agak salah mengatur rute. Untuk trip ini kami akan ke 3 kota, Kyoto, Tokyo, Osaka. Sedangkan kami akan landing dan depart di airport yang sama, Kansai Airport (KIX). Karena ini, kami jadi bolak balik dan mengeluarkan biaya berlebih untuk bis malam saat pindah kota. Well, lesson learned.

Kesimpulannya, kalau pindah2 kota, pastikan kita pulang melalui kota yang jadi tujuan terakhir, supaya gak bolak balik seperti kami hehe. Dan, gak usah bawa barang banyak2! Jadi beli bagasinya untuk pulangnya aja, dan sebaiknya sharing dengan teman karena biasanya jadi lebih murah.
Ya meskipun tiket murah ini jadinya gak murah2 banget, tetap saja harga segitu ke Jepang sudah cukup ekonomis 😀

Leave a Reply

