Yuk, Atur Perjalananmu Sendiri!

image

“Kemarin perginya ikut tur, dis?”
“Enggak, semuanya diurus sendiri.”
“Hah? Kok bisa?”

Sepulang dari summer trip yang lalu, itulah percakapan yang beberapa kali terulang. Ya, sebagian besar teman dan kerabat mengira saya pergi ke Jepang dengan ikut tur. Padahal semuanya diurus sendiri oleh saya dan teman-teman perjalanan saya, dari nol.

“Memangnya gak ribet?”, kata mereka lagi.

Enggak tuh. Malah saya menikmati banget proses pra-keberangkatan, dari mulai sekedar mimpi, sampe booking tiket beneran, bikin itinerary, booking hotel, urus paspor dan visa, sampai bikin asuransi perjalanan.
Ya memang sih, perlu meluangkan waktu untuk urus semua itu. Tapi buat saya, segala ‘kerepotan’ itu sama serunya dengan perjalanan itu sendiri. Nambah cerita deh!

Lagipula saya memang bukan tipe yang senang ikut tur saat traveling, gak enak gak bisa mengatur sendiri :))
Setelah punya niat – yang sudah ada dari sejak saya kecil sepertinya -, ini dia rincian ‘kerepotan’ saya dan teman-teman sebelum memulai summer trip kami:

1. Booking tiket murah
Ada kata murah disitu. Ya, kami memang mau berangkat kalo dapat tiket murah hehe. Kami jadi rajin mantengin website maskapai dan datang ke travel fair. Lalu di bulan Januari, tiket PP Air Asia Jakarta-Osaka seharga Rp 3juta-an pun sudah aman di tangan ๐Ÿ˜€

2. Bikin Itinerary
Bagian ini yang paling saya suka, karena paling ribet tapi seru ๐Ÿ˜€
Mulanya saya banyak cari referensi itin dari beberapa blog traveler, lalu mulai membuat list tempat-tempat yang ingin kami datangi.
Singkat cerita, selesailah tabel itinerary yang akan jadi ‘pedoman’ kita selama trip.

3. Tukar mata uang
Harga tukar IDR ke JPY cukup bikin kami was-was karena sempat naik terus. Saya mulai nyicil tukar IDR, terutama saat JPY sedang murah. Dengan menyicil begini, dana untuk perjalanan pun tersimpan aman.

4. Urus Paspor dan Visa
Ini paling penting! Tanpa punya paspor dan visa, pastinya kami gak akan diizinkan masuk ke Jepang. Sebulan setelah kami membuat -paspor, waktunya apply visa, yang juga kami urus sendiri. Hanya menunggu 1 hari, keesokannya e-paspor kami sudah dihiasi stiker dan cap dari Kedutaan Besar Jepang. ๐Ÿ˜€

5. Booking hostelย 
Berhubung kami mencari harga termurah, hostel pun jadi pilihan kami. Sejak bikin itinerary, kami sudah memilih hostel yang ingin kami tempati. Gak disangka, 2 dari 3 hostel pilihan kami sudah full book! Otomatis kami cari pilihan lain, itinerary juga harus diedit lagi.

6. Beli travel essentials
Ini sih penting – gak penting ;D
Sejak summer trip ini fix, saya mulai suka nyicil membeli barang2 ‘perintilan’. Dari mulai yang memang diperlukan, seperti sepatu yang nyaman untuk jalan jauh, botol2 kecil untuk toileteries, & neck pillow, sampai yang gak penting seperti luggage tag dan pasport case lucu.ย Kalau ini sih sesuaikan saja dengan kebutuhan pribadi ๐Ÿ˜€

7. Urus travel insurance
Asuransi perjalanan ini optional. Berhubung kami cukup lama disana, jadi kami merasa perlu membeli asuransi ini, untuk jaga-jaga saja. Membeli asuransi ini bisa melalui email atau datang langsung ke kantor jasa asuransi yang kita mau.

8. Lain-lain
Cukup banyak hal-hal yang sudah kita urus sebelum berangkat, seperti booking bis malam, beli tiket Disneyland dan Universal Studios Japan, dan beli bagasi. Tiket-tiket itu kami beli melalui website resmi nya atau lewat travel agent. Sedangkan bagasi memang lebih baik beli sebelum hari keberangkatan, karena biayanya akan lebih murah.

Kira-kira begitulah urutannya. Kami memang punya waktu cukup banyak sebelum keberangkatan, jadi bisa mengurus semuanya dengan menyicil. Untuk yang gak ada waktu, mungkin lebih mudah pakai tur, terima beres tapi ya harus merogoh kocek lebih dalam.
Dengan mengurus perjalanan sendiri, selain tambah pengalaman dan cerita, pastinya lebih hemat.
Yuk, atur perjalananmu sendiri, plan ahead and let’s get lost ๐Ÿ˜€

Note: Detail mengenai tiap poin di atas saya tuliskan di posting terpisah. Tinggal di-klik saja ๐Ÿ™‚ย 

Iklan

Diterbitkan oleh

Adissa Mahani

A traveler who also happen to be a designer, writer, and animal lover.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s